INSTITUT DAYAKOLOGI GANDENG LANTAMAL XII PONTIANAK LANCARKAN GERAKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 411 WARGA ADAT DI LINGKAR TIONG KANDANG

80 Views

Penulis: Manuk Kitow, Emi & Duyung.

Foto: Ray.

Editor: Giring & K. Gunui’.

Tae, Balai Batang Tarang, KR—Cuaca mendung. Halimun masih enggan meninggalkan kaki Bukit Tiong Kandang. Di Kampung Tae, Kamis pagi (16/12), di halaman SDN 05 Tae, 20-an orang yaitu para pemuda adat, pengurus adat, Pemdes Tae, 15 anggota Tim Diskes Lantamal XII, Polsek Balai Batang Tarang, Babinsa dan Tim Institut Dayakologi sedang mengikuti ritual adat kibo siap dan beras kuning.

Ritual dipimpin Pet Tanjal dan Pet Adam. Semua orang dikibau dengan ayam hitam. Mantra suci dikumandangkan dengan lancar. Tujuannya meminta keselamatan kepada Jibata Pejaji Penampa (Tuhan Sang Pencipta) agar kegiatan vaksinasi Covid-19 hari itu berjalan lancar. Tanpa ada halangan maupun gangguan.

Hari itu, serbuan vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Adat di lingkar Tiong Kandang dipusatkan di Ketemenggungan Tae, Desa Tae, Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau. Pukul 09:00 Wib, warga dari 3 desa yaitu Desa Tae, Padi Kaye dan Empirang mulai berdatangan. Vaksinasi Covid-19 itu berlangsung lancar hingga pukul 14:30 Wiba. Sebanyak 411 peserta terdiri dari kaum muda, orang tua dan dan lansia mengikuti vaksinasi. Vaksin Sinovac Dosis satu 248 orang, Vaksin Sinovac Dosis kedua 6 orang, dan Vaksin AstraZeneca Dosis satu 157 orang.

Proses vaksinasi dilayani oleh Tenaga Kesehatan atau Vaksinator 1 tim dari Diskes Lantamal XII, yang diperkuat oleh peran pemuda adat Tae, organisasi lokal Rombokng Ria Gandi Ria Kudur dan pendampingan dari Institut Dayakologi, berkolaborasi dengan Lantamal XII, Pemdes Tae, anggota Polsek Balai, dan Babinsa selaku pelaksana Danramil Kecamatan Balai. 

Letkol Marinir Ismail Rambe, yang memimpin Tim Lantamal XII Pontianak mengaku sangat gembira atas partisipasi dan antusiasme warga di lingkar Tiong Kandang. “Salut untuk partisipasi warga yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 hari ini. Kami senang sekali karena cukup banyak warga yang berhasil divaksin,” ujar Letkol Marinir Ismail Rambe.

Sistem Jemput Bola dan Prokes

Melkianus Midi, Kepala Desa Tae mengatakan apresiasinya setelah menyaksikan antusiasnya partisipasi warga dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. “Saya tidak menyangka kalau akan sebanyak ini warga yang ikut vaksin. Tentu saja selaku Kepala Desa saya menyambutnya dengan senang hati karena turut menyukseskan program vaksinasi dari Pemerintah. Terima kasih untuk kawan-kawan dari Tim ID, Rombokng dan para pemuda adat yang pro aktif menggerakkan segala persiapan di lapangan sehingga vaksinasi Covid-19 dengan sistem jemput bola ini lancar kita laksanakan,” tukasnya gembira. Meskipun telah divaksin, warga diharapkan tetap ketat mematuhi Prokes. Hal itu diimbau Melkianus Midi, Kades Tae. “Ini banyak yang baru vaksin dosis pertama. Meskipun ibu/bapak nantinya telah divaksin, jangan lupa tetap mematuhi Prokes, ya. Kita berdoa semoga tahun depan Covid-19 tidak terlalu menjadi ancaman buat kita,” harap Pak Melki.

Pet Ate Tae, warga yang mengikuti vaksinasi Covid-19, saat ditanya mengatakan senang sekali karena mendapatkan pelayanan secara langsung di kampung, bukan di ibu kota kecamatan sehingga warga harus pergi ke Balai Batang Tarang. Sementara ada orang-orang tua yang tidak mampu pergi ke kota kecamatan. “Senang sekali karena sudah memperoleh pelayanan langsung di Tae ini. Jika pelaksanaannya di kota kecamatan, kami para orang tua akan kesulitan. Hari ini saja banyak orang tua dari kampung-kampung sebelah yang berjalan kaki ke Tae ini untuk mendapatkan vaksin. Semoga vaksinasi tahap kedua nanti lancar juga seperti ini,” harap Pet Ate Tae.

Institut Dayakologi mendorong percepatan proses vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Adat di lingkar Tiong Kandang. “Masyarakat Adat mesti mendapatkan hak untuk perlindungan diri dari virus Corona. ID perlu mendorong Masyarakat Adat agar melindungi diri, keluarga dan komunitas adatnya. Masyarakat Adat berhak mendapatkan vaksinasi,” jelas Gunui’, Direktur Eksekutif Institut Dayakologi saat mengarahkan tim ID sebelum berangkat ke lapangan sehari sebelumnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *