Institut Dayakologi Gandeng LANTAMAL XII Pontianak Lancarkan Gerakan Vaksinasi Covid-19 kepada 411 Warga Komunitas Lingkar Tiong Kandang, Tae

590 Views

Penulis: Manuk Kitow, Emi & Duyung | Foto: Ray | Editor: Giring & K. Gunui’

Tae, Balai Batang Tarang, KR—Cuaca mendung. Halimun masih enggan meninggalkan kaki Bukit Tiong Kandang. Di Kampung Tae, Kamis pagi (16/12), di halaman SDN 05 Tae, 20-an orang yaitu para pemuda adat, pengurus adat, Pemdes Tae, 15 anggota Tim Diskes Lantamal XII, Polsek Balai Batang Tarang, Babinsa dan Tim Institut Dayakologi sedang mengikuti ritual adat kibo siap dan beras kuning.

Ritual dipimpin Pet Tanjal dan Pet Adam. Semua orang dikibau dengan ayam hitam. Mantra suci dikumandangkan dengan lancar. Tujuannya meminta keselamatan kepada Jibata Pejaji Penampa (Tuhan Sang Pencipta) agar kegiatan vaksinasi Covid-19 hari itu berjalan lancar. Tanpa ada halangan maupun gangguan.

Hari itu, serbuan vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Adat di lingkar Tiong Kandang dipusatkan di Ketemenggungan Tae, Desa Tae, Kecamatan Balai Kabupaten Sanggau. Pukul 09:00 Wib, warga dari 3 desa yaitu Desa Tae, Padi Kaye dan Empirang mulai berdatangan. Vaksinasi Covid-19 itu berlangsung lancar hingga pukul 14:30 Wiba. Sebanyak 411 peserta terdiri dari kaum muda, orang tua dan dan lansia mengikuti vaksinasi. Vaksin Sinovac Dosis satu 248 orang, Vaksin Sinovac Dosis kedua 6 orang, dan Vaksin AstraZeneca Dosis satu 157 orang.

Proses vaksinasi dilayani oleh Tenaga Kesehatan atau Vaksinator 1 tim dari Diskes Lantamal XII, yang diperkuat oleh peran pemuda adat Tae, organisasi lokal Rombokng Ria Gandi Ria Kudur dan pendampingan dari Institut Dayakologi, berkolaborasi dengan Lantamal XII, Pemdes Tae, anggota Polsek Balai, dan Babinsa selaku pelaksana Danramil Kecamatan Balai. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *