DISDIKBUD KABUPATEN BENGKAYANG GANDENG INSTITUT DAYAKOLOGI UNTUK DAMPINGI RISET PULAU BUDAYA LEMUKUTAN

529 Views

Penulis: Manuk Kitow & R. Giring | Foto: DokID | Editor: R. Giring & Kriss Gunui

Pulau Lemukutan, Sungai Raya Kepulauan, KR—Institut Dayakologi mendampingi Tim DISDIKBUD Kab. Bengkayang dalam kegiatan pra survei adat istiadat dan budaya  masyarakat Pulau Lemukutan, Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang.

Ini adalah bagian dari pendampingan riset pulau budaya Lemukutan sebagaimana surat Kepala DISDIKBUD Kab. Bengkayang kepada ID. Pra Survei adat istiadat dan budaya masyarakat Pulau Lemukutan dilakukan pada hari Kamis-Jumat (27-28/8/ 2022).

Direktur Eksekutif Institut Dayakologi, Krissusandi Gunui mengatakan bahwa pihaknya menurunkan tim untuk memenuhi permohonan pendampingan dari DISDIKBUD Kab. Bengkayang.

“Pada tahap ini Tim ID mendampingi DISDIKBUD Kab. Bengkayang dalam rangka kegiatan pra survei adat istiadat dan budaya masyarakat Pulau Lemukutan sesuai kapasitas dan profesionalitas yang dimiliki,” ujar Gunui.

Mewakili Kepala DISDIKBUD Kab. Bengkayang yakni Kabid Kebudayaan yaitu Agustinus S.Pd SD., Pamong Budaya yakni Ijat Jajat Ruhijat, M.Pd, dan Daniel sebagai Pelaksana bersama 2 pejabat lainnya di lingkungan DISDIKBUD Kab. Bengkayang.

Ini adalah langkah awal untuk kegiatan selanjutnya. Pra survey adat istiadat dan budaya merupakan bagian penting dari langkah persiapan menuju Pulau Lemukutan ditetapkan sebagai Pulau Budaya.

Hal tersebut dikatakan Kabid Kebudayaan, Agustinus S.Pd SD., dalam sambutannya di hadapan sekitar 30 puluhan tokoh masyarakat Desa Pulau Lemukutan.

“Kita melihat beragam potensi di desa ini, termasuk kebudayaannya. Oleh karena itu, Pemda Kab. Bengkayang akan menetapkan Pulau Lemukutan sebagai Pulau Budaya. Namun sebelum itu, kita harus memiliki data yang komprehensif mengenai potensi kebudayaan Pulau Lemukutan,” papar Kabid Kebudayaan yang juga Pamong Budaya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *