Pemerintah dan Pegiat Sosial Dukung Pengakuan Hak-Hak Masyarakat Adat

Kabar Dari Perayaan HIMAS 2019 Di Kuala Dua

Oleh Hendi Kedakas

Kuala Dua, Sanggau—Perayaan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) yang diselenggarakan oleh Komisi Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan CiptaanNya (JPIC Bruder MTB) bekerja sama dengan KOMPRA, DAD Kec. Kembayan dan Pemda Kabupaten Sanggau serta didukung oleh beberapa NGO/Organisasi Masyarakat Sipil di antaranya Institut Dayakologi, PPSDAK, WALHI Kalbar, PPKS, AMAN Kalbar, Elpagar dan KKDS yang dilaksanakan pada Kamis, 08 Agustus hingga Jumat, 9 Agustus 2019 belum lama ini mengangkat tema Nasional “Meneguh Tekad Memperkuat Akar dan Mengedepankan Solusi”. Sedangkan tema khusus daerah Kalimantan Barat, karena di Kalbar, khususnya Kab. Sanggau sedang berlangsung Program redistribusi TORA, yaitu “Percepatan Reforma Agraria, Penyelesaian Konflik Agraria dan Lingkungan Hidup dalam Upaya Perlindungan, Penghormatan serta Pengakuan Masyarakat Hukum Adat di Kalimantan Barat”.
Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Drs. Hermanus, M.Si menyambut baik Perayaan HIMAS Kalbar tahun 2019 ini. Beliau menyarankan agar kegiatan ini dijadikan agenda tahunan, sehingga bisa didukung oleh Pemerintah Daerah.
“Mudah-mudahan kegiatan ini dijadikan agenda tetap tahunan sehingga bisa didukung oleh Pemerintah Daerah. Tinggal bagaimana Pemerintah Daerah nanti bisa mendukungnya, apakah melalui Bantuan Sosial, Hibah atau bisa juga dikemas dalam bentuk kegiatan pada SKPD terkait,” sampainya. Beliau menambahkan, dengan dukungan kita semua dan Pemerintah Kabupaten Sanggau, komitmen kita bersama untuk memberikan sebuah Pengakuan, Penghormatan dan Perlindungan Masyarakat Adat semakin lebih nyata dan lebih baik. Kalau PBB saja sudah memberikan Pengakuan terhadap Hak-Hak Masyarakat Adat, masa Pemerintahan Daerah tidak memberikan Pengakuan dan Penghormatan, termasuk juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” pungkasnya.
Hadir pada kegiatan ini Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Drs. Hermanus, M.Si; Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si sekaligus juga Ketua DAD Kab. Sanggau; Kanwil BPN Provinsi yang diwakili oleh Kepala Bidang Penataan Pertanahan Bpk. Sigit; tokoh masyakarat Kalbar Bpk. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si; beserta OPD Sanggau: Kadis DPM Pemdes Bpk. Siron; Kepala BPN Sanggau Yuliana; Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau, Ir. Basita Ginting, Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono, Danramil Kembayan, Lembaga NGO/Organisasi Masyarakat Sipil, serta tidak kurang 300-an tamu dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *