Mendukung Keberlanjutan Sumber Pangan Berkearifan Lokal, Perempuan Adat Ketemenggungan Tae, Desa Tae Berlatih Bersama Membuat Pupuk Organik

264 Views

“Pangan lokal bisa dimaksimalkan untuk mendukung peningkatan kesehatan dan nutrisi terlebih untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Salah satunya lewat pelatihan pembuatan pupuk organik seperti ini,” (M. Yopos), Ketua RRGRK. 

Tae, Kec. Balai Batang Tarang, KR

Peserta yang terdiri dari ibu-ibu dari 6 kelompok perempuan adat Ketemenggungan Tae tampak antusias berpraktik bersama membuat pupuk organik. Pelatihan pembuatan pupuk organik tersebut diadakan pada Sabtu (15/8/2020) di lahan milik bersama di Kampung Tae, yang memanfaatkan bahan-bahan dari batang pisang, bongkol pisang, batang padi, rumput-rumput dan kotoran sapi dan kotoran ayam yang dicampur dengan EM4. 

Narasumber pada pelatihan tersebut adalah Ketua Rombokng Ria Gandi Ria Kudur (RRGRK) yakni M. Yopos (43). Menurut M. Yopos, melalui pelatihan pembuatan pupuk organik ini, ibu-ibu bisa memaksimalkan hasil tanamannya sehingga berkontribusi dalam peningkatan kesehatan dan pemenuhan nutirisi. “Pangan lokal bisa dimaksimalkan untuk mendukung peningkatan kesehatan dan nutrisi terlebih untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Salah satunya lewat pelatihan pembuatan pupuk organik seperti ini,” kata M. Yopos, Ketua RRGRK, yang sekaligus menjadi narasumber pada pelatihan tersebut. 

Sedangkan Anasias Acak, seorang dari 30 peserta mengaku sangat senang mengikuti pelatihan tersebut karena akan berguna untuk dipraktikkan di lahan tanaman keluarganya. “Ya, tentu saya sangat senang bisa ikut pelatihan ini (pembuatan pupuk organik : Red) karena pengetahuan maupun keterampilan yang didapatkan akan sangat berguna untuk dipraktikkan di lahan kami masing-masing,” ujarnya kepada tim KR yang saat itu sempat menyaksikan proses pelatihan itu.

Pelatihan pembuatan pupuk organik tersebut diselenggarakan atas kerjasama para pihak, yakni Sekretariat Bersama Komunitas Tiong Kandang – Institut Dayakologi, YKSPK, RRGK, Ketemenggungan Tae, dan Pemdes Tae.

Penulis: Siba.

Video & Banner: Siba & Yeri.

Editor: R. Giring & K. Gunui’.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *