INI 5 APLIKASI HASIL KERJA PRAKTIK MAHASISWA DI INSTITUT DAYAKOLOGI

322 Views

Penulis: Manuk Kitow. Foto: Ansel. Editor: R.Giring.

PONTIANAK—Seminar 5 (lima) laporan kerja praktik mahasiswa Jurusan Informatika, Fakultas Teknik, Untan Pontianak telah sukses dilaksanakan. Seminar yang dilaksanakan di ruang kelas B Jurusan Informatika Fakultas Teknik, Untan pada Rabu (8/1/2020) itu memaparkan 5 (lima) laporan yang semuanya adalah aplikasi berbasis online digital. 

5 (lima) aplikasi tersebut adalah (1) Perpustakaan online yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan perpustakaan berbasis internet pada Institut Dayakologi nantinya. Aplikasi ini diciptakan oleh Medianto Pratama Pentadakosta; (2) Rancang Bangun Sistem Manajemen Kearsipan Surat-Menyurat di Institut Dayakologi. Aplikasi yang dirancang oleh Astat ini bertujuan untuk membantu petugas administrasi Institut Dayakologi menyimpan dokumen surat-menyurat lembaga secara digital; (3) Aplikasi Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Institut Dayakologi dirancang oleh David Novianto. Aplikasi ini bertujuan agar mempermudah petugas kesekretariatan untuk menyusun jadwal kegiatan lembaga, baik yang terkait pihak internal maupun eksternal; (4) Kemudian, aplikasi Buku Pengunjung Perpustakaan Web pada Institut Dayakologi yang dirancang oleh Nur Hidayat. Aplikasi ini bertujuan menghasilkan sistem berbasis web yang mampu membantu admin perpustakaan dalam mengelola data pengunjung perpustakaan dan mampu menampilkan laporan data pengujung perpustakaan secara berkala, dan (5) Aplikasi Rancang Bangun Website Jual Beli Online pada Institut Dayakologi bertujuan untuk mempermudah proses penjualan dan pembelian barang di Institut Dayakologi secara online. Aplikasi ini dirancang oleh Hilarius Hardian.

Asistensi dan Pengembangan Aplikasi

Medianto, Mahasiswa semester 8 jurusan Informatika, Fakultas Teknik Untan.

Medianto, mahasiswa semester 8 Jurusan Informatika, Fakultas Teknik Untan, Pontianak, ketika ditanya mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada pihak Institut Dayakologi karena bisa menerima mahasiswa untuk kerja praktik di lembaga ini. “Saya mewakili teman-teman mahasiswa yang kerja praktik mengucapkan terima kasih kepada Institit Dayakologi terutama kepada Pak Krissusandi Gunui’ selaku Direktur Eksekutif Institut Dayakologi yang sejak awal bersedia menerima kami untuk kerja praktik di Dayakologi. Saya harap beberapa waktu ke depan, aplikasi yang telah kami rancang dapat beroperasi secara baik dan kami tetap bersedia dihubungi apabila nanti diminta untuk melakukan asistensi kepada admin termasuk mengembangkannya juga,” ujarnya kepada penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *