AMAN DAERAH SANGGAU SOSIALISASIKAN PEMETAAN WILAYAH ADAT KODATN, DESA LAPE

84 Views

Penulis & Foto: Hendrikus Hendi | Editor: K. Gunui’ & R. Giring

Lape, KR—Aliansi  Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Daerah Sanggau melaksanakan sosialisasi pemetaan wilayah adat Kodatn di Ketemenggungan Kodatn, Desa Lape, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kamis (16/06) lalu.

Dalam kesempatan sosialisasi tersebut hadir Kepala DPM Pemdes Kab. Sanggau Alian, Sekcam Kapuas Markus Tabah, Kades Lape Nikodemus Nong, Ketua Panitia Pemetaan wilayah adat Kodatn Fransiskus Jaong sekaligus Temenggung Desa Lape, Temenggung suku Dayak Kodatn yaitu Kristian, para staf Desa Lape, Ketua BPD dan anggotanya, Tokoh Masyarakat, Perempuan dan Pemuda serta para undangan dari desa dan wilayah yang berbatasan langsung dengan Ketemenggungan Kodatn.

Ketua BPH AMAN Sanggau, Rufinus menjelaskan bahwa Komunitas Kodatn ini adalah anggota AMAN, sehingga kita perlu memperkuat wilayah adat mereka dengan melakukan pemetaan untuk memperjelas batas-batas wilayah adatnya.

Rufinus juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berawal dari usulan Masyarakat Adat Kodatn di Kabupaten Sanggau beberapa bulan lalu, yang meminta AMAN Daerah Sanggau untuk membantu proses pemetaan wilayah adat mereka.

“Kegiatan sosialisasi pemetaan ini atas permintaan masyarakat adat Kodatn. Beberapa bulan yang lalu kami rapat di sini, dan mereka meminta bahwa wilayah adat mereka harus segera dipetakan dan selanjutnya melakukan langkah-langkah menuju pengakuan sebagai Masyarakat Hukum Adat,” katas Rufinus.

Sementara itu, ketua DPM PEMDES Kabupaten Sanggau, Alian menyampaikan bahwa pemetaan wilayah adat sebagai awal dari proses-proses untuk mendapatkan pengakuan sebagai Masyarakat Hukum Adat dari Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Berkenaan dengan sosialisasi pemetaan, Kepala Desa Lape, Nikodemus Nong menyambut baik rencana pelaksanaan pemetaan tersebut. Bahkan dia akan turut mendukung hingga proses pemetaan ini dapat berjalan dengan lancar.

“Saya sangat menyambut baik dan mendukungnya. Kita perlu tahu luas wilayah adat Desa Lape dan wilayah adat suku Kodatn. Ini penting supaya generasi Kodatn ke depannya tahu dan mengerti tentang batas-batas wilayah adat. Saya juga berharap agar kita semua mngembangkan adat-istiadat dan budaya kita,” ucap Kades Lape.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *