7 KESEPAKATAN PARA PIHAK PADA DIALOG PEMAJUAN KEBUDAYAAN KOMUNITAS ADAT LINGKAR TIONG KANDANG, KETEMENGGUNGAN TAE

249 Views

Penulis: Yeremias | Foto: Siba | Editor: Giring

Tae, Balai Batang Tarang, KR–Rangkaian Sarasehan, Talkshow dan Dialog Pemajuan Kebudayaan Komunitas Adat Lingkar Tiong Kandang menghantar seluruh peserta pada kesepakatan bersama. Saat menutup secara resmi perhelatan kebudayaan pada Kamis (25/11) tersebut, Deden Haris Muslim yang mewakili KEMDIKBUD, Riset dan Teknologi, Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Masyarakat  Adat (KMA), mengatakan bahwa kesepakatan sebanyak 7 poin telah dicapai bersama.

“Pada intinya seluruh peserta telah menyepakati 7 poin penting,” katanya singkat. Adapun 7 poin kesepakatan tersebut adalah: (1) akan melaksanakan festival kebudayaan tahunan, (2) pandu budaya (pemuda adat: Red) melanjutkan proses penulisan pengetahuan dan teknologi lokal, (3) kolaborasi bersama para pihak dalam program pemajuan kebudayaan dan pengelolaan hutan adat di lingkar Tiong Kandang, (4) Pemda Kab. Sanggau memfasilitasi desa-desa di lingkar Tiong Kandang untuk mendapatkan pengakuan masyarakat hukum adat, (5) mengembangkan komoditas berbasis potensi, pengetahuan, teknologi dan budaya lokal yang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, (6) mendukung dan memperkuat upaya pewarisan kebudayaan melalui mulok budaya dan pendidikan sekolah dasar dan menengah, dan (7) penguatan kapasitas perempuan adat melaui kegiatan pemberdayaan dan sekolah perempuan adat oleh Pemda Kabupaten Sanggau dan pihak terkait.

Berkaitan dengan kesepakatan itu, Kang Deden, begitu sapaan akrabnya mengajak agar semua pihak, termasuk Direktorat KMA, agar tetap berusaha merealisasikannya. “Semoga segala daya dan upaya kita untuk mewujudkan kesepakatan bersama tadi tidak menemui hambatan yang terlalu berarti sehingga tahun depan kita semua dapat berjumpa kembali dan melihat sejauh mana realisasinya,” pungkasnya saat memberikan sambutan penutup dialog terpumpun itu.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *