Warga Kedakas Desak Pihak Terkait Rehab Bendungan PDAM Gunung Semaung

Oleh Hendrikus Hendi

Kedakas, Sanggau–Kembali untuk yang kesekian kalinya warga dari empat rukun tetangga (RT) Dusun Kedakas melakukan gotong-royong untuk memperbaiki bendungan PDAM Kabupaten Sanggau yang terletak di Gunung Semaung wilayah Dusun Kedakas, Desa Kedakas, Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, pada Sabtu (7/9/2019). Kesulitan warga mendapatkan sumber air bersih untuk makan dan minum akhir-akhir ini menambah antusiasme warga untuk memperbaiki bendungan ini.

Gotong royong ini diikuti dengan antusias oleh seratusan lebih warga yang hadir. Pada tahun 2018 warga juga telah melakukan perbaikan dengan menggunakan semen untuk menambal retakan dan kebocoran pada lantai dan dinding bendungan.

Gotong-royong warga dari empat rukun tetangga (RT) Dusun Kedakas untuk memperbaiki bendungan PDAM Kabupaten Sanggau di Gunung Semaung

Perbaikan kali ini warga mengumpulkan dana secara swadaya untuk membeli semen. Menurut Herkulanus Seroja, Kepala Kewilayahan Dusun Kedakas saat ditanya penulis mengatakan kali ini warga mengumpulkan dana secara swadaya untuk perbaikan bendungan PDAM Gunung Semaung tersebut.

“Sejauh ini tidak ada tanggapan apalagi perehaban dari pihak PDAM Kabupaten Sanggau mengenai bendungan ini, padahal kami selalu ajukan perehaban, namun sampai saat ini belum ada terealisasi sama sekali. Karena itu, kami warga mengambil inisiatif untuk gotong royong berusaha memperbaiki apa adanya supaya Pemerintah Daerah melihat masyarakat cukup ambil bagian dalam hal ini,” ujarnya.

Dia menambahkan warga sangat berharap kepada pihak terkait, khususnya PDAM Kabupaten Sanggau agar segera menanggapi keluhan warga untuk merenovasi kembali bendungan tersebut. “Harapan kami agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, khususnya pihak PDAM Sanggau dapat merealisasikan permohonan kami ini,” kata Kepala Kewilayahan Dusun Kedakas.

Editor: RGM, Foto: Hendrikus Hendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *