CREDIT UNION CANAGA ANTUTN TERUS MELANGKAH MELAKUKAN PEMBERDAYAAN SEJATI

 

Pada awal tahun buku 2012, CU Canaga Antutn secara tegas telah melakukan perubahan konsep, yaitu menjadi lembaga pemberdayaan melalui konsepsi filosofi petani. Perubahan ini dilakukan selain untuk menyikapi kecendrungan dan fenomena yang terjadi yaitu kecendrungan adanya pergeseran arah dari cita-cita awal dan semangat awal lahirnya Credit Union juga untuk menjawab kebutuhan para anggota dari lahir hingga meninggal dunia serta demi keberlanjutan CUCA secara kelembagaan yang “ Kuat, “ ujar Ketua Dewan Pimpinan CUCA, Saulus Edy.
Tidak bisa diupungkiri, dengan adanya perubahan konsep yang dilakukan CUCA, tentu telah mendapatkan respon yang beragam dari berbagai pihak, khususnya para anggota. Hal ini wajar terjadi, karena konsep ini hal yang baru sehingga mengakibatkan persepsi yang berbeda-beda apa lagi konsep ini belum sepenuhnya dipahami baik oleh para Anggota maupun oleh sebagian Aktivis.
Namun, seiring perjalanannya, perubahan konsepsi ini perlahan mulai dipahami oleh para Aktivis dan Anggota, hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan anggota dan asset CU CA pada akhir tahun buku 2012. Serta terlihat pada sambutan hangat para peserta RAT yang secara positif menerima perubahan konsep ini. “Kami sangat setuju dengan konsep ini,” ujar K. Radius salah satu perwakilan peserta RAT CUCA tahun buku 2012.
Beranjak dari hal di atas, Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) Credit Union Canaga Antutn telah dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 26 Januari 2013, bertempat di Gedung serbaguna Kecamatan Nanga Tayap. Sebelum Rangkaian kegiatan RAT, pada tanggal 25 Januari 2013, CUCA melakukan kegiatan Seminar yang dihadiri oleh setiap perwakilan Anggota CUCA dari 9 Tempat Pelayanan. Seminar dan RAT CUCA Tahun Buku 2012 ini mengusung Tema “ Menjadi Credit Union Sejati melalui konsepsi filosofi Petani yang memberdayakan “. Tema ini diusung untuk mengingatkan kembali para insan CUCA, agar secara bijak menyikapi kecendrungan adanya pergeseran arah dari cita-cita awal dan semangat awal lahirnya CU.
Untuk itu, mulai tahun buku 2013 ini, semoga konsep ini dapat menyentuh hingga ke dalam hati para insan credit union. Serta semoga konsep ini dapat memunculkan kekuatan semangat yang mengelorakan, semangat cinta yang mendamaikan, serta kejernihan hati yang membahagiakan.
Namun, para insan CUCA yang budiman, Semangat yang mengelorakan, semangat cinta yang mendamaikan, serta kejernihan hati yang membahagiakan semacam ini perlu terus dibangkitkan. Karena akhir-akhir ini kita tahu ada banyak hal yang perlu diperbaiki dalam kehidupan pribadi kita, organisasi kita. Karena itu, kita memerlukan pembenahan mental untuk semua insan demi kebangkitan bersama, kemajuan organisasi kita. Sebab, hanya dengan kekayaan mentallah kita mampu bangkit dari segala keterpurukan.
Insan CU yang budiman, kita sadar, konsep ini tidak akan berhasil mengugah setiap hati setiap insan, serta tidak memiliki kekuatan nyata jika hanya berhenti pada barisan konsep belaka, tidak disertai dengan pemahaman dan tindakan. Maka, untuk mencapai semuanya hanya tindakan nyatalah yang membuat perubahan ini dapat mengandung banyak arti bagi kehidupan kita.***

ALPONSIUS S CHALIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *